WhatsApp: 0853-1482-9778 aliciaflorist01@gmail.com

Apa ya manfaat bunga laveder selain mengusir nyamuk. Perlu anda ketahui bunga cantik ini ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai populer saat- saat ini kebanyakn bunganya bukan untuk hiasan. Mereka lebih dikenal sebagai bahan baku minyak pewangi. Ekstraksinya sangat digandrungi sebagai bahan esensi wangi. Apapun produknya wangi lavender sangat digemari karena nyaman.

Secara luas aromanya sangat cocok buat menjadi aromaterapi. Jika pertanyaan apa manfaat lavender selain mengusir nyamuk. Ternyata faktanya bisa digunakan juga sebagai obat gigitan nyamuk. Gunannya sebagai pereda nyeri pada bekas gigitan. Adapula khasiatnya juga membantu meringankan rasa sakit kepala dan luka bakar. Namun ada sedikit kesalah pahaman mengenainya.

Orang sempat berpikir bahwa bunganya merupakan kunci. Namun ternyata, justru pada bagian tandan lah yang jadi alat pengusir nyamuk, kecowa, dan lain- lain. Kalau anda bingung aroma terapi yang murah meriah. Ambil lah biji lavender lalu letakan di dalam bantal untuk tidur lebih nyaman.

Tidak bisa dipungkiri bunga lavender memiliki banyak khasiat. Bahkan para peneliti masih melanjutkan penelitiannya untuk ke depan. Tanaman yang bisa tumbuh sampai 1,5 meter yang cantik ditanam di luar. Baunya harum dan bungannya cantik tak kalah dengan mawar. Oleh karena baunya banyak dijadikan bahan baku parfum, yang mana kandungan Linalool nya tinggi.

Aneka Manfaat Bunga Lavender

Lavender sangat cocok juga dijadikan bahan obat gosok karena aman. Peneliti Prancis menggunakannya sebagai bahan pelembab kulit sensitif. Bisa juga digunakan sebagai penyembuh radang jerawat. Saking amannya lavender digunakan pada kulit; bahannya bisa digunakan scrub. Fungsi scrub lavender untuk meringankan kulit terbakar, menyuburkan rambut, dan fungsi lain.

Obati jerawat membandel anda dari bunga lavender. Untuk bijinya bisa dijadikan minyak sebagai perawatan rutin jerawat. Gabungkan minyak lavender, zaitun, dan sari mawar maka jadilah pelembab kulit. Gunakan rutin dan hasilnya fantastis karena sangat alamiah.

Takaran minyak levender untuk jerawat 1:10, campurkan dengan air atau air bunga mawar. Efek Anxiolytic nya sangat berpengaruh untuk kualitas tidur. Efek kandungan Linalool dan Linalyl Asetat sangat baik untuk mengurangi kecemasan. Uniknya tanaman ini sangat baik tumbuh di dataran berpasir, yang tanahnya kering dan dibawah sinar matahari yang penuh.

Tingkat kelembapan tinggi justru membuatnya mati. Tanah yang berkompos dan justru akan membuatnya terinfeksi jamur. Jika mau menanam lavender dengan pupuk kompos. Campurkan dengan tanah pasir halus atau batu bata yang sudah ditumbuk.

Sejarah Bunga Lavender

Tanaman yang berasal dari Eropa, tepatnya berasal dari Prancis, yang memilik banyak kegunaan wajib anda ketahui. Dalam upacara keagamaan mereka bunga lavender merupakan syarat. Merupakan bunga dari genus Lamiacae, yang namanya bisa disebut lavendel atau lavandula, yang memiliki 20- 30 spesies. Tumbunya dari wilayah laut tengah sampai Afrika dan timur India.

Genus yang disebut tumbuhan menahun usianya ketika tumbuh. Termasuk dalam golongan rerumputan, semaknya pendek, dan kecil. Tanamannya tersebar dari Eropa, Kepulauan Canaria, Afirika Selatan dan Timur, tanah Arab, dan India. Karena begitu populernya maka sekarang sangat tersebar. Bahkan sudah sampai ke seluruh dunia hingga dihabitat yang alaminya tidak cocok.

Dalam situs yang didedikasikan untul bunga lavender. Menurut lavendersense.com, bunga ini dari daerah Mediterania, Timur Tengah dan India lebih dari 2.500 tahun lalu. Menurut bahasa Yunani berarti lavender nardus, kota Narda, Suriah, yang sering disebut Nard. Merupakan tanaman suci yang katanya digunakan sebagi obat, bahkan disebut di dalam kitab Injil “Song of Solomon”.

Dalam bahasa Latin berarti “lavare” atau “to wash”. Memang pada masanya bunga ini dikenal sebagai bahan mandi. Dicampurkan ke dalam air, tempat tidur, pakaian bahkan rambut. Kemudian digunakan sebagai bahan obat- obatan ke depannya.

Cara terbaik florist menanam lavender ialah dengan membuat tiruan alam, membuat tempat menanamnya seolah asalnya. Pada musim panas di tempat tropis menjadi musim terbaik. Jika kamu ingin menanam, menggunakan pot akan memudahkan penanaman. Tujuannya untuk memudahkan memindahkan ketika ada angin, hujan, atau mendung sehingga sulit terpapar matahari.

Jika anda ingin menanam dari bijinya maka tanam di musim hujan. Gunakan sirkulasi air yang cukup tetapi jangan berlebihan. Karena tanaman ini merupakan tanaman endemik empat musim. Yang mana anda hanya akan membasahi jika tanahnya terlalu kering. Pastikan mengakali mataharinya ketika musim hujan. Gunakan pot untuk memudahkan memindah tanamannya.

Taukah anda bahwa bunga ada yang bisa dimakan. Bunga lavender termasuk bunga yang bisa dimakan. Digunakan sebagai tambahan rempah. Memberikan rasa alami, agak manis, dan rasa yang elegan untuk salad, sup, daging, seafood, dan aneka desert. Aromanya yang kuat digunakan juga sebagai bahan hiasan di atas kue.

error: Content is protected !!