WhatsApp: 0853-1482-9778 aliciaflorist01@gmail.com

Banyak cara untuk mempercantik taman kecil di rumah. Berikut tips menanam dan menata bunga mawar di kebun. Jangan biarkan tanah sisa yang disekitar rumah jadi jorok dan terbengkalai. Cobalah cara- cara berikut ini.

Sedikit kita mengulas mengenai asal- usul bunga mawar. Merupakan jenis tanaman semak belukar. Sifatnya yang bisa merambat cocok untuk ditanam di sekitar pagar. Ada 100 jenis mawar liar yang tersebar seluruh dunia.

Mawar merupakan tanaman semak tingginya 2- 5 meter. Pohonnya juga mampu merambat ke tanaman lain. Tingginya memungkinkan untuk bisa tumbuh sampai 20 meter. Warnanya secara umum yakni merah, kuning, pink, dan putih.

Cara menanamnya bisa biji atau akarnya. Kita juga bisa menanam dengan cara stek batang. Warnanya yang variatif dan mudah ditanam membuatnya populer. Ini sangat cocok untuk ditanam dan memperindah taman kecil anda.

Cara Menanam dan Menata Bunga Mawar

Menanam sama asiknya dengan menata taman kita. Budidaya mawar yang mudah tidak membuat galau. Anda tidak perlu khawatir karena semua akan terbayar. Begitu tanaman anda tumbuh dan berbunga, percayalah kepuasan itu nyata.

Anda bisa menanam bunga dari biji atau akar tanam. Cara lainnya yakni menanam dengan stek batang. Sudah tau mau menanam dengan cara apa. Kita lanjutkan cara menanam bunga mawar di kebun kecil anda, berikut:

1. Teknik Menanam

Tentukan pola tanamnya dahulu baru medianya. Karena menanam di taman maka buatlah lubang dulu. Jarak antar lubangnya 60- 60 atau 70- 70 cm. Pastikan tingkat keseburuan tanahnya yang terbaik.

2. Pembuatan Lubang Tanam

Gunakan skop untuk membuat lubangnya atau cara lain. Yang pasti kalau bisa hasilnya melengkung slindris. Berapa ukuran lubang tanam bunga mawar. Ukurannya kisaran 45- 45- 45 cm dan memilik kedalaman yang cocok.

Berapa kedalaman lubang tanam bunga mawar. Jika dikira- kira ukuran cabang utama (bud union) letaknya sejajar dengan tanah. Jika anda bingung secara ilustrasinya begini. Bud union berada di atas batas antar akarnya.

Jika akar berwarna coklat maka bagian ini batas hijaunya. Akan lebih baik jika anda menanam akar siap tanam. Dari bud union inilah tumbuh cabang batang yang ke atas.

Jika anda melihat tumbuhnya menyamping, bagian ini tidak akan tumbuh; potong bagian ini.

Lubang tanam bunga mawar tidak perlu dalam. Pasalnya akar tanaman mawar tidak menembus dalam. Kedalaman lubangnya cukup 45- 55 cm. Ingat gunakan kembali tanah yang digali, pisahkan tanah bagian dalam, inilah yang digunakan.

Campurkan pupuk di dalam tanah dalam tersebut. Tanah dalam (sub- soil) dapat dicampur dengan rumput. Ya ketika tanah atasnya (top soil) ditutupi rumput maka cabutlah. Sisihkan untuk digunakan campuran, namun rumput ini tarus terbalik.

Penggunaan pupuk bisa berupa kompos, kandang, hijau, atau sebagainya. Tanah sub soil dan top soil sama- sama digunakan. Lubanya ditumbun tanah sub- soil dan campuran. Campuran inilah tanah top soil dan fosfat dan pupuk.

Campurannya yakni 4 bagian tanah dan 1 bagian pupuknya. Super fosfat 1,5- 2 kg per 10m2 tanah, tepung tulang jika ada 1,5- 3 kg per 10 m2. Untuk lubangnya diisi top soil dan bahan organik menggunduk.

3. Menanam Bibit Mawar

Tanaman ini baiknya ditanam di awal musim hujan. Air yang cukup bisa membantu anda menanam setahun penuh. Ada dua jenis bibit yang berupa akar mawar: Pertama jenis cabutan yang tanpa tanah, dan kedua, bibit dari polybag.

Cara menata bunga mawar dari bibit polybag:

a. Siram media dalam polybag hingga cukup basah. Angkat polybagnya terbalik dan tekuk- tekuk agar akarnya lepas.

b. Pastikan tanah bersama akarnya keluar dari polybagnya. Jika ukuran polybag besar maka sayat atau robek saja.

c. Masukan ini ke dalam tanah yang sudah disediakan. Taruh bibitnya di tengah- tengah lubangnya.

d. Uruk dengan tanah dengan pelan- pelan. Siram hingga cukup basah dan mawar akan tumbuh segar.

Menata Mawar Agar Indah di Taman

Ada berbagai cara menata mawar agar indah dipandang. Bisa saja anda menanam seragam warnanya. Anda juga mungkin menyilang mawar dengan warna, atau anda bisa menanam dengan bunga lain agar lebih mencolok.

Berikut tips menata bunga mawar agar indah di taman:

1. Tanam mawar yang berbeda warna dengan kombinasi. Bisa dengan tiga warna bersilang membentuk seperti pelangi. Buatlah sejajar membentuk garis baris.

2. Tanamlah mawar dengan dua warna berseling. Contohnya lubang pertama kuning, dan lubang kedua merah. Tanamlah secara vertikal memanjang.

3. Bisa juga menanam sewarna dulu dari awal hingga akhir. Namun ditengahnya anda menambahkan warna lain. Kreasikan nanti apa yang akan terbentuk dari pola itu.

4. Anda juga bisa menanam bunga berjeni rumput disekitar. Ingat bukan rumput beneran karena itu gulma. Warna hijau akan membuat mawar di tengah mencolok dan anggun.

6. Cobalah menanam beda warna dalam satu lubang. Menanam banyak dalam satu lubang akan rimbun. Alhasil anda harus rajin memangkas agar tidak menjalar.

error: Content is protected !!