WhatsApp: 0853-1482-9778 aliciaflorist01@gmail.com

Namanya memang sulit dibaca dalam bahasa Inggris. Sejarah bunga kerta atau Bougenville. Yang nama sebenarnya Bougainvillea dalam bahasa Inggris. Dari genus tanaman asal Amerika Selatan, khususnya dari Negara Brazil.

Tanaman ini juga terdapat di Peru dan Argentina bagian selatan. Taukah anda tanaman ini banyak sekali perubahan. Jenisnya berkembang dengan teknologi perkawinan silang. Ada yang menyebut menghasilkan empat hingga 18 spesies.

Diklasifikasi oleh orang Eropa bernama Phillibert Commercon, tahun 1768, yang mana merupakan seorang botanis. Dia berlayar bersama angkatan laut dan penjelajah Louise Antoine de Baougainville, yang berlayar sampai ke Brazil.

Bunga kertas memiliki tinggi hingga 1- 12 meter. Yang mana merambat merayapi tanaman lain . Memiliki duri yang mengait, yang ujungnya ada cairan hitam, dan menempel. Daunnya hijau sepanjang ada hujan dan kayu ketika kering.

Perkembangan Bunga Kertas

Sejarah bunga kertas atau bougenville asalnya Amerik Selatan. Diambil dari nama penjelajah asal Perancis. Tanaman ini memiliki dua bunga yang menyatu. Satu yang menjadi kelopak, ukurannya 4×2 hingga 13×6 cm, yang menonjol ialah teksturnya.

Bunganya ini dikenal dengan nama bunga kertas. Karena teksturnya seperti kertas dan berkolap lebar. Sementara itu bunga keduanya kecil, bunga berkolopak lima yang berwarna putih. Warnanya kontras dibanding warna bunga kertasnya.

Bunga pertama dan kedua terhubung dengan tangkai kecil. Mencabang hingga enam buah pada satu bunga. Warna bunga yang mirip kertasnya beraneka macam, seperti merah muda, ungu, magenta, merah, oren, putih atau kuning.

Tanaman ini juga rentan dengan hama tetapi kuat. Mereka biasanya akan diserang siput dan cacing. Satu jenis larva juga menjadikannya makanan, seperti Giant Leaopard Moth.

Walaupun begitu relatif aman jika ditanam di Indonesia. Tanaman ini lebih dikenal sebagai bunga ornamen daripada hias. Walaupun begitu bisa jadi tanaman kebun yang indah. Anda juga bisa menanamnya menggantung di langit- langit.

Tanaman yang memiliki daya tahan tinggi akan kering. Dia juga memiliki daya tahan akan garam laut. Tanaman yang merambat ke pohon, yang cocok ditanam di pagar kayu, atau pagar besi yang memanjang, atau di keranjang.

Anda bisa menggunakannya sebagai bunga aksen dan tambahan. Anda harus tau butuh udara 60 derajat di musim dingin. Dengan perkawinan silang antar jenis. Warna yang dihasilkan menjadi beraneka macam, dan bisa berseling.

Kerena seringnya dikawin silangkan dan mudah di tanam. Ada lebih dari 300 jenis yang tersebar sekarang. Dari cuma beberapa menjadi ratusan hingga susah. Jika ahli botani ditanya mengenai sumbernya, maka sulit mencari asalnya.

Mutasi antara genetik juga terjadi menimbulkan variasi. Yang paling menonjol ialah perubahan warna pada bunga. Akhirnya banyak orang menyebut namanya dengan embel- embel. Hasilnya banyak orang bingung untuk menamainya.

Cara Budidaya Bunga Kertas

Sejarah bunga kertas atau Bougenville masuk keluarga Nyctaginacea. Kita lebih familiar menyebutnya bunga kertas. Tanamannya gampang untuk dibudidaya dan berdaya tahan tinggi. Cara menanamnya bisa stek, okulasi, cangkok, atau biji.

Hal yang paling penting ialah menjaga kelembapan tanah. Siram dengan air yang cukup. Berilah pupuk organik karena ini tidak ribet. Tanaman yang memiliki daya tahan tinggi. Banyak media menanam seperti tanah dan pasir.

Seperti dijelaskan diatas bahwa banyak cara menanam. Jika anda memilih biji pastika indukan sehat. Pilihlan tanaman yang sudah tua, lalu potonglah bungannya dan jemuar. Ketik sudah kering di tempat panas anda tinggal pisahkan bijinya.

Biji yang sudah kering dan terpisah tinggal disemai. Gunakan campuran tanah, pasir dan kompos untuk media. Campurannya harus seimbang lalu semailah. Butuh 3- 7 hari sampai tanamannya tumbuh, dan menjadi bibit bunga kertas.

Baiknya anda menanamnya di tanah langsung. Jika tidak pindahkan ke tempat yang besar. Kerusakan pada bibit bisa menganggu pertumbuhan, jadi hati- hati. Untuk komposisi media tanam 1:1:1 untuk tanah, pasir, dan pupuk.

Penyiraman standar dua kali pagi dan sore. Pakaikan pupuk setiap 2 pekan sekali. Jangalah lupa untuk memotong tangkai yang mati dan menganggu. Perawatannya tidak perlu aneh- aneh. Cukup jumlah dan intensitas air untuk merawat bunga kertas.

Rangsang tumbuhnya bunga melalui cara berikut: Biarkan bunga kering dan berguguran dengan mengehntikan air. Perhatikan sampai daun- daun bunganya gugur. Barulah anda memberikan asupan air lagi secara teratur kemudian.

Perubahan mendadak ini justru sangat baik untuk pertumbuhan. Kuncup bunga akan tumbuh di semua cabangnya. Pemangkasan teratur membuat tanaman ini rapih dan sehat. Taukah anda bahwa duri bougenville itu mengandung racun.

Tergores sedikit anda akan merasakan pegal pada luka. Namun pegal di kulit itu akan hilang seiring waktu. Warna bunganya bervariaf dan indah sangat cocok untuk taman anda.

error: Content is protected !!