WhatsApp: 0853-1482-9778 aliciaflorist01@gmail.com

Sedikit bercerita cara menanam bunga matahari yang baik. Helianthus atau sunflower merupakan bunga adaptif. Mereka mampu tumbuh baik di dataran rendah atau tinggi. Karena mudahnya kenapa kita tidak mencoba menanamnya.

Seperti namanya bunga ini bergantung kepada sinar matahari. Tanamannya membutuhkan sinar matahari penuh. Bunganya akan tumbuh gagah menghadapan ke matahari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya meliputi jenis bunga, kualitas tanah atau kesuburan, curah hujan, dan iklim. Masa tumbuh 2- 3 bulan hingga tanamanya berbunga.

Nama ilmiahnya Helianthus genus dari 70 spesies tanaman. Selain tiga spesias di Amerika Selatan, kesemua spesianya merupakan asli Amerika Utara. Nama Sunflower lebih dikenal untuk satu spesies Helianthus Annuus.

Mengenal Bunga Matahari

Sebelum cara menanam bunga matahari yang baik. Kita mengenal dulu bunga ini secara singkta. Bernama ilmiah Helianthus atau Sunflower memiliki 70 spesies. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 300 cm atau lebih.

Sunflower yang biasa ditanaman orang adalah Helianthus Annuus. Kita bisa menyebutnya common sunflower. Kepala bungannya terlihat sangat mirip bunga matahari. Spesies ini sudah biasa di tanam pada negara bermusim tropis.

Kegunaan bunga matahari meliputi konsumsi manusia, bahan baku pupuk, pakan ternak, dan tanaman ornamen. Tanaman yang tumbuh baik ketika musim panas dan awal semi, yang puncak tumbuhnya pada pertengahan musim panas.

Pada 2014, US Fish and Wildfire Service Amerika, mencatat bunga ini hampir punah. Alasannya karena hilangnya hutan untuk tumbuh, baik karena industrisasi hutan dan penanaman pohon tebang di Alabama, Georgia, dan Tennessee.

8 Langkah Menanam Bunga Matahari

Apakah anda sudah cukup mengenal bunga matahari. Sekarang saatnya belajar cara menanam bunga matahari. Ada 8 langkah menanam sampai bunganya tumbuh. Setiap langkah mudah dan membutuhkan peralatan sederhana.

Berikut cara menanam bunga matahari:

1. Mengenal Benih

Tentukan jenis bunga matahari yang anda inginkan. Biasanya benih bunga besar dan mudah dikenali. Kalau anda bingung maka cobalah makan kuaci bung mathari. Berikut beberapa jenis bunga matahari yang anda bisa tanam.

Mammoth Grey memiliki tinggi bunga 2 m lebih. Bijinya berwarna putih memiliki garis kecoklatan, kehitaman, dan ukurannya besar.

Velvet Queen memiliki biji bunga yang ramping dan tinggi. Jika dibanding Mammoth Grey, bijinya lebih pendek. Bunganya berwarna merah darah yang tingginya 1 cm.

Evening Sun yang memiliki warna campuran dari aneka jenis. Warnanya bisa kuning cerah atau cenderung ke oranye. Warna benihnya beragam jenis, ada krem, coklat tua, dan putih.

Anda bisa menggunakan teknik semai untuk memudahkan. Perhatikan ujung benih, anda menaruh bagian lancip mengarah ke bawah, sementara yang bulat tepat ke atas.

2. Media Tanam

Pada dasarnya tanaman ini mampu hidup dimanapun. Syaratnya ialah harus memiliki sinar matahari bagus dan cukup air. Namun agar mudah tumbuh baiknya bertanah gembur. Apalagi anda akan menggunakan teknik semai.

Carilah tanah yang gembur, subur, dan mampu mengikat air. Anda bisa menanam di tanah. Atau anda memilih menanamnya di atas media pot. Tekan benih ke tanah yang sudah dibasahi, jangan teralalu dalam cukup sempai terlihat atasnya.

3. Muncul Tunas

Jika anda menggunakan pot taruhlah di tempat hangat. Ukurannya minimal 25 derajat Celcius. Siramlah bunga matahari selama 2 kali sehari dengan spray air. Umur 3- 4 hari akan telihat benih ke atas, itu tandanya sudah muncul akar.

Butuh waktu 1 minggu sampai tunas muda muncul. Tingginya sekitar 5 cm dan siap dipindahkan. Ya, jika anda menggunakan media tanam, ini saatnya dipindahkan ke tanah. Tujuannya agar tanaman yang tumbuh tidak bengkok.

Perlu anda ketehaui penyemaian di rumah bisa buruk. Utamanya batang akan tumbuh bengkok. Tumbuhnya bengkok karena menyesuaikan arah sinar matahari. Karena masa muda ini tanaman agresif tumbuh mengikuti sumber nutrisinya.

Alasan lain kenapa anda harus segera memindah. Bunga bisa saja mati karena tidak mudah dipindahkan. Bunga akan lebih sulit dipindah karena akar yang patah. Maka cungkil semua bagian akar, dan hati- hati akarnya bisa sangat panjang.

Seperti namanya bunga ini membutuhkan sinar matahari. Tumbuhnya batang akan lurus mengikuti sinar. Berapa lamakah bunga matahari harus mendapatkan sinar? Mereka membutuhkan sinar matahari minimal 6 jam sehari.

Perawatan bunga matahari paling mudah adalah sinar. Penyiraman pun cukup sekali sehari. Kalau dirasa hari terlalu panas, bisa disiram dua kali sehari. Kalau hujan jangan disiram air lagi, cukup atur batang pohon yang membengkok.

4. Tunas Bayi

Mereka lebih rentan apalagi jika sudah di tempat terbuka. Baiknya ambil botol bekas air mineral dan tutupkan. Fungsinya untuk menjaga baik dari hujan, serangga, atau kemungkinan lain. Tunas bayi sangat rawan untuk rusak dari luar.

Tunas bayi juga rentan kekeringan jika terlalu panas. Botol yang transparan akan mengurangi intensitas. Siangnya tidak akan terlalu panas bagi bayi. Anda juga akan melindunginya dari suhu yang dingin di malam hari.

Sampai kapan ditutup botol air mineral. Setelah beberapa minggu akan kelihatan. Jika anda sudah melihat beberapa daun tumbuh, maka lepaskan botolnya.

Usia 1- 2 bulan sudah menjadi tunas remaja. Waktu yang tepat memberi pupuk ialah sekarang. Gunakan pupuk kandang untuk menumbuhkan bunga. Memasuki umur 3 bulan, batang sudah tumbuh tinggi, dan mulai tumbuh.

5. Tunas Dewasa

Usia 3 bulan sudah muncul kuncup di ujung, dan sela- sela cabangnya. Jika tidak ragu potonglah bunga sekarang. Carilah kucup yang sekiranya tidak estetik. Terlalu banyak kucup bagi bunga matahari tidak baik, karena bisa tumbuh kecil.

Bunga tidak akan tumbuh maksimal jika terlalu banyak. Mereka akan saling berebutan nutrisi. Di masa ini anda sudah bisa meliha warna apa yang muncul. Warna merah atau oranye batangnya lebih gelap dibanding jenis kuning.

Bersabarlah kita menunggu tumbuh kembang bunga. Kalau sudah berbunga tunggulah hingga tegak. Anda kini sudah memiliki bunga matahari, dan apakah warnya merah, kuning, atau oranye? Selamat mencoba.

error: Content is protected !!